BITCOIN

SB1M

header 600 x 60 3 Header 728 x 90

a-ads.com

Thursday, April 6, 2017

Flu Cepat Sembuh dengan Vitamin C, Tapi Perhatikan Dosisnya

Flu Cepat Sembuh dengan Vitamin C, Tapi Perhatikan Dosisnya
Foto: thinkstock

Waspadai flu di musim hujan. Biasanya yang jadi andalan adalah vitamin C. Sebuah penelitian baru juga memastikan vitamin C dapat mempercepat kesembuhan dari flu.

Akan tetapi efektivitas ini hanya bisa diperoleh jika vitamin C dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Untuk itu, peneliti dari University of Helsinki, Finlandia mengadakan percobaan dan membagi partisipan ke dalam beberapa kelompok. Kelompok pertama diberi vitamin C 3 gram/hari; kelompok kedua diberi vitamin C 6 gram perhari, dan kelompok ketiga diberi plasebo.

Dibandingkan kelompok plasebo, mereka yang diberi dosis 6 gram/hari dilaporkan lebih cepat sembuh dari flunya. Hasil senada juga didapat ketika peneliti membagi partisipan menjadi kelompok yang diberi 4 gram vitamin C/hari dan 8 gram/hari.

Saat diberi 6 gram/hari, peluang kesembuhan dari flu mencapai 17 persen, sedangkan ketika diberi 8 gram/hari, peluangnya naik menjadi 19 persen. Makin banyak dosis vitamin C-nya, maka makin besar peluang partisipan untuk sembuh dari flu juga makin banyak.



Menurut peneliti, penambahan dosis ini dirasa perlu karena secara umum karena kebanyakan orang hanya mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang sangat rendah.

"Vitamin C adalah antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Vitamin ini juga terbukti mampu menghambat replikasi berbagai macam virus, salah satunya yang memicu flu berat," simpul peneliti.

Selain itu, idealnya vitamin C harus dikonsumsi sesegera setelah gejala awal flunya muncul untuk menguatkan efektivitas antioksidannya. Demikian seperti dilaporkan Science Daily.

Meski demikian, peneliti juga mengatakan, mengonsumsi vitamin C secara teratur juga tidak lantas bisa mencegah datangnya penyakit ini. "Vitamin ini nyatanya hanya memberikan efek preventif bagi orang-orang yang sangat aktif seperti pelari marathon atau tentara yang sedang dalam masa pelatihan," pungkas peneliti.

Disarankan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis vitamin C yang tepat untuk dikonsumsi, tak peduli meski hanya untuk jangka pendek.

No comments:

Post a Comment

Wow 3 Lokasi di Perumahan Mewah Balikpapan Ditempel Stiker PKI

BALIKPAPAN  - Warga Balikpapan digegerkan dengan adanya stiker lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipasang pada sejumlah titik di...

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Dewaweb