BITCOIN

SB1M

header 600 x 60 3 Header 728 x 90

a-ads.com

Thursday, March 16, 2017

Wow Apa Benar Paracetamol Mengandung Virus Machupo yang Mematikan: Hoax Atau Fakta


Pernahkah Anda menerima pesan berantai di aplikasi chatting soal obat paracetamol yang mengandung virus mematikan? Ya, akhir-akhir ini memang marak diisukan adanya kandungan virus berbahaya yang disebut Machupo dalam obat paracetamol. Obat paracetamol sendiri adalah pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter. Benarkah kalau obat paracetamol mengandung virus Machupo?
Obat paracetamol seperti apa yang diisukan mengandung virus?
Menurut pesan berantai yang tersebar melalui media sosial serta aplikasi chatting, obat paracetamol yang mengandung virus mematikan adalah paracetamol (juga dikenal sebagai acetaminophen) dengan nomor seri P-500. Nomor seri ini biasanya tercantum dalam kemasan produk dan mengindikasikan dosisnya, yaitu 500 miligram. Disebutkan juga dalam pesan berantai tersebut bahwa obat tersebut keluaran baru, warnanya sangat putih dan permukaannya tampak mengilap.  
Obat paracetamol P-500 tersebut dikatakan mengandung patogen (pembawa virus) yang sangat berbahaya, yaitu Machupo. Virus macupo diklaim bisa menginfeksi siapa saja yang mengonsumsinya. Infeksi virus ini dapat menyebabkan kematian. Namun, pesan berantai ini tidak menyertai keterangan ahli, bukti uji klinis, atau penjelasan lebih lanjut yang bisa membenarkan klaimnya.

Benarkah obat paracetamol mengandung virus Machupo?
Tidak, obat paracetamol P-500 tidak mengandung virus Machupo. Dilansir dari situs resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, paracetamol P-500 telah diperiksa dan diuji keamanan serta mutunya sebelum diedarkan secara bebas di pasar. Setelah melalui uji klinis, BPOM tetap aktif memantau produksi dan distribusi obat ini di pasaran. Berdasarkan evaluasi BPOM, obat paracetamol P-500 dinyatakan aman dan bebas dari virus Machupo.
Sampai saat ini belum ada penelitian atau uji laboratorium dari mana pun yang bisa membuktikan adanya virus Machupo dalam obat paracetamol P-500. Maka, pesan berantai tersebut hanyalah kebohongan belaka (hoax).
Isu paracetamol mengandung virus ini serupa dengan isu makanan kemasan dan pisang yang diimpor dari negara-negara di Amerika Selatan mengandung virus HIV. Isu-isu yang tak didukung oleh bukti ilmiah seperti ini hanya disebarkan untuk menakuti-nakuti orang saja.
Oleh karenanya, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengimbau masyarakat untuk membeli obat hanya di apotek atau toko obat yang sudah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan setempat. Obat-obatan di apotek resmi atau toko obat berizin pasti telah diuji dan diawasi secara ketat oleh BPOM.

Apa itu virus Machupo?
Virus Machupo pertama kali berjangkit di Bolivia, Amerika Selatan pada awal 1960an. Karena berjangkit di Bolivia, maka penyakit yang disebabkan oleh virus ini dikenal dengan nama demam berdarah Bolivia. Virus Machupo memang menyebabkan demam yang disertai perdarahan. Misalnya perdarahan berupa bintik-bintik merah di kulit, perdarahan gusi, atau mimisan. Selain demam berdarah, gejala lainnya yaitu sakit kepala, nyeri otot dan sendi, hingga kejang. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit demam berdarah Bolivia bisa menyebabkan kematian.
Penularan virus Machupo terjadi melalui udara, makanan, dan kontak langsung dengan virus. Virus ini hidup di urin, feses, dan air liur hewan pengerat seperti tikus. Di Bolivia, virus ini berjangkit karena urin atau feses tikus yang mengering tersapu bersama angin sehingga mengontaminasi udara di sekitarnya. Udara tersebut terhirup oleh manusia dan akhirnya menyebar.
Namun, virus ini tidak ditemukan dalam produk obat paracetamol 500 miligram. Pasalnya, obat paracetamol diproduksi dengan standar keamanan dan kebersihan yang sangat ketat. Pabriknya juga senantiasa diawasi oleh berbagai badan kesehatan yang berwenang. Jadi, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi obat pereda nyeri ini

No comments:

Post a Comment

Wow 3 Lokasi di Perumahan Mewah Balikpapan Ditempel Stiker PKI

BALIKPAPAN  - Warga Balikpapan digegerkan dengan adanya stiker lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipasang pada sejumlah titik di...

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Dewaweb